Tentang Saya

TENTANG SAYA

SYAIR ASIMAN lahir di Lampung Timur, 17 Juli 1972. Ia merupakan anak ke-6 dari  10 bersaudara pasangan Asiman dan Sawinah. Salah seorang pendiri Forum Remaja Islam Masjid (Risma) Labuhan Maringgai, Lampung Timur ini menggeluti dunia menulis sejak usia SLTP.
Ketika duduk di bangku kelas II MTs Al Ihsan Labuhan Maringgai, misalnya, tulisannya pernah nongol di majalah anak-anak terbitan ibu kota. Sejak itu, ia kian giat mengasah insting menulisnya dengan mengikuti berbagai kursus jurnalistik hingga tingkat Jawa Barat.
Hasilnya, beberapa tulisannya sempat dimuat di Majalah Media Pembinaan  dan  Panjimas. Ketika itu, mantan aktivis Himpunan OSIS Madrasah Aliyah (Hosma) Kab. Serang tersebut masih duduk di kelas I MA Al Khairiyah Tegalbuntu, Kota Cilegon.
Dunia menulis terus digelutinya hingga berstatus mahasiswa. Pada semester awal, ia ikut membidani kelahiran Majalah SIGMA IAIN Serang. Kemudian pada semeter  akhir, mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini membuka kursus jurnalistik untuk mahasiswa.
Mantan pengurus DPP Himpunan Pemuda Al Khairiyah (DPP HPA) yang sempat nyantri di Ponpes Al Ihsan Lampung dan Ponpes Bany Abdillah Ciwandan ini pernah beberapa tahun mengabdi sebagai “Umar Bakri”.  
Ketika ICMI gigih mengkampanyekan sistem ekonomi syariah, mantan aktivis Pemuda Muhammadiyah Banten ini mendapat kesempatan kursus Perbankan Syariah di Bandung. Meski mengantongi sertivikat ekonomi syariah, namun alumnus Fakultas Syariah Jurusan Perbandingan Madzhab IAIN Serang ini lebih memilih “jalan lain”. Yakni, kembali bergumul dengan heroisme dunia jurnalistik. Buku-buku yang pernah ditulisnya, antara lain, “Menapak Jalan: Jejak dan Pikiran Tokoh Banten” dan “Di Balik Ritual Haji”.

Aktivis PW Muhammadiyah Banten yang pernah ngicip Pascasarjana di Universitas Budi Luhur Jakarta, kemudian bergabung dengan Banten Ekspres. Kini, pengurus MUI Kota Serang dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten, mendedikasikan diri sebagai jurnalis di Kabar Banten. Di tengah kesibukan beburu informasi aktual, pengurus Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) Banten, tengah mempersiapkan kelahiran buku terbarunya “Wirid Kiai Banten”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qori Nasional Pertama dari Banten

Ponpes Alquraniyyah Kesultanan Banten

KH. Ahmad Maimun Alie, Lc, MA